Bahaya Menahan Kencing

Jumat, 09 November 2012
Kesibukan seseorang kadang-kadang menjadi alasan menunda buang air kecil (kencing/pipis). Kondisi toilet yang kurang higienis, juga sering menjadi alasan penyebab seseorang terpaksa menahan kencing.
Menahan kencing begitu lama sering kita lakukan dengan sengaja dan sadar. Padahal, keseringan menahan kencing bisa berakibat banyak penyakit. Pada umumnya, kejadian ini berlangsung jika kita sedang terhimpit dalam suatu acara tertentu yang tidak dapat kita tinggalkan begitu saja.
Misalnya saja kita sedang menonton di bioskop, menghadiri rapat, sedang dalam perjalanan menggunakan kendaraan umum yang tidak dilengkapi fasilitas toilet dan lain sebagainya. Padahal, menahan kencing apalagi hingga sampai satu jam bisa menimbulkan pelbagai penyakit.


Kebiasaan menahan hasrat ingin kencing bisa berakibat buruk, terutama bagi kesehatan saluran ureter dan ginjal. Ini karena urin yang berisi limbah tubuh tak langsung dikeluarkan. Dokter spesialis penyakit dalam, Dr Hasyim Kasim SpPD-KGH menjelaskan ibarat saluran air yang tidak rutin dibersihkan, kotorannya akan membuat saluran tersumbat. Bukan hanya itu, kotoran yang tidak ke luar juga akan menimbulkan pembusukan.
"Jangan sering menahan kencing karena bisa menimbulkan penyakit. Bisa berefek pada ginjal, " kata Hasyim, kepada FAJAR, Rabu 25 Januari.
Dokter Hasyim menambahkan, air seni mengandung sisa makanan yang tidak dicerna. Air seni ini merupakan air kencing yang memang harus dibuang. Air seni ini adalah sisa minuman yang tidak terserap oleh tubuh, dan kadang kuman yang dikeluarkan oleh ginjal.
Jadi, apabila kita tidak melakukan buang air kecil atau kencing ini, maka ada kemungkinan zat-zat tersebut akan merusak saluran kemih kita. Apalagi bila air kencing mengandung kuman. Semakin lama air seni ini di kandung kemih, semakin banyak kuman yang ada.
Jika kencing ditahan berjam-jam dan jumlah kuman sangat banyak, maka kuman itu akan naik ke atas, ke arah ginjal. Hal ini tidak biasa, tetapi bisa terjadi. Akibatnya, bisa terjadi gangguan pada ginjal.
Masih kata Hasyim, sebaiknya jika kita ingin buang air kecil, segera laksanakan, sehingga segala macam zat yang tidak berguna akan segera ke luar dan tidak diberi kesempatan berkembang di dalam tubuh. Jika sering menahan kencing, akibat lainnya adalah rasa tidak tuntas. (ulfa)

0 komentar:

Posting Komentar